Deskripsi dan Penamaan Ikan Bawal di Indonesia maupun Internasional

wisman_portnoy
Comments Off

IKAN BAWAL HITAM 

Nama Indonesia        : Ikan Bawal Hitam

Nama Internasional  : Black pomfret

Nama Latin                 : Parastromateus niger (Bloch, 1795).

Nama Lokal          

            Bawal (PPN Pemangkat), bawal hitam (PPS Belawan), Bawal hitam (PPP Banjarmasin), Bawal hitam (PPP Teluk Batang), Dorang (PPN Brondong), Bawal hitam (PPS Nizam Zachman Jakarta), Bawal hitam (PPN Palabuhan Ratu), Bawal hitam (PPN Tual), Bawal hitam (PPN Kejawanan), Bawal Hitam (PPN Ambon), Bawal Hitam (PPN Prigi), Bawal hitam (PPN Tanjung Pandan), Bawal Hitam (PPP Sungai Liat), Bawal itam (PPS Bungus), Bawal Hitam (PPS Cilacap), DORANG (PPN Pekalongan), Bawal (PPN Bitung), Bawal hitam (PPN Sibolga), Bawal, Patik (PPP Tegalsari) .

 Daerah Sebar        : Daerah penyebaran ikan bawal hitam hampir terdapat di seluruh perairan Indonesia terutama Laut Jawa, selat Malaka, sepanjang perairan Kalimantan, Sulawesi Selatan, Laut Arafuru, ke utara sampai Teluk Bengal, Teluk Siam, sepanjang Laut Cina Selatan dan Philipina. Pada umumnya ikan ini hidup pada dasar perairan yang berlumpur, terutama di daerah muara-muara sungai (Sarjono, 1985)

Deskripsi                 : Ordo :P ercomorphi, Famili : Formionidae, genus : Fomio , bentuk tubuh ikan ini lebar dan gepeng. Bentuk sisik sikloid, sisik garis rusuk kurang lebih 100. Sirip punggung berjari-jari kuat, 2 sirip yang terpisah, yang dimuka bejari-jari keras dan yang di belakang berjari-jari lemah, kadang dengan satu jari-jari keras di muka. Sirip dubur berjari-jari keras 1 dan 35-40 berjari-jari lemah. Sirip ekor bercagak kuat, terdapat sisik duri pada bagian batang ekor. Sirip perut keci; dan tidak terdapat pada ikan dewasa. Termasuk ikan buas, makanannya ikan-ikan kecil, dan crustacea. Hidup di perairan agak jauh dari pantai sampai kedalaman 100 m. Bergerombol, kadan-kadang bersama-sama layang di sekitar rumpon. Warna tubuh bagian atas abu-abu sawo matang, sedikit keputihan pada bagian bawahnya. Ukuran : Ikan bawal hitam panjangnya bisa mencapai 30 cm dan umumnya tertangkap pada ukuran 20 cm

IKAN BAWAL PUTIH 

Nama Indonesia        : Bawal putih 

Nama Internasional  : Silver pomfret

Nama Latin                : Pampus argenteus (Euphrasen, 1788)

Nama Lokal          : Bawal putih (PPS Belawan), Bawal Putih (PPP Teluk Batang), Bawal putih (PPS Nizam Zachman Jakarta), Bawal Putih (PPN Tual), Bawal Putih (PPN Kejawanan), Bawal Putih (PPN Ambon), Bawal putih (PPS Kendari), Bawal Putih (PPN Palabuhan Ratu), Loang (PPP Tegalsari), BAWAL PUTIH (PPN Pekalongan), Bawal Putih (PPS Cilacap), Bawal Putih (PPN Prigi), Kuli Paser Putih (PPN Bitung), Bawal putih (PPN Sibolga), Bawal Putih (PPP Karangantu).

Daerah Sebar           : Ikan Bawal putih hidup pada perairan pantai, payau bahkan dapat hidup di perairan tawar. Jenis ikan ini hidup di dasar perairan yang keadaan dasarnya berlumpur, sampai kedalaman 100 m dan cenderung berada pada kedalaman 15-25 m. Penyebaran ikan ini meliputi pantai timur Indonesia, Laut Jawa , sebagian timur Sumatera, pantai Laut Cina selatan, Philipina, bagian barat Teluk Persia dan bagian Utara Jepang (Beaufort dan Chapman, 1951).

Deskripsi

 Ordo : Percomorphi (Sub. Ordo : Stromatoidea). Famili : Stromateidae, genus: Pampus , bentuk tubuh ikan ini sangat lebar seperti ketupat gepeng.. Bentuk sisik sikloid, sangat kecil, gampang dikelupas dan sisik-sisik ini meluas sampai dasar semua sirip. Sirip punggung tidak sama panjang, asalnya di depan pertengahan badan, tetapi menjadi sirip pektoral, didahului oleh 5 – 10 duri pendek yang menyerupai pisau, berjari-jari lemah 38 sampai 43. Sirip dubur tidak sama panjang, berjari-jari lemah 38-43. Sirip ekor bercagak kuat dengan lembaran bawah lebih panjang. Termasuk pemakan plankton, makanannya plankton kasar (invertebrata). Hidup di perairan yang dasarnya lumpur sampai kedalaman 100 m, sering masuk air payau dan membntuk gerobolan besar. Warna tubuhnya abu keunguan di bagian atas, dan putih perak di bagian bawah. Sirip-siripnya sedikit gelap. Ukuran : Umumnya panjang ikan bawal putih yang tertangkap adalah 15-20 cm dan panjangnya bisa mencapai 29 cm.